bandarq bandarq bandarq bandarq badnarq bandarq bandarq bandarq

Kakek Gokil

Komunitas Cerita Asik Gokil Dan Seputar Berita Lainnya

Chella's Blog

Breaking

Minggu, 19 November 2017

Menurunkan Berat Badan Dengan Cara Tidak Makan Malam

Image result for diet makan malam

Makan malam erat hubungannya dengan waktu makan pesta pora demi menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga atau teman dekat setelah penat seharian bekerja. Karenanya, banyak orang bilang kalau tidak ingin gemuk sebaiknya tidak usah makan malam.
Tapi siapa sangka bahwa melewatkan makan malam tak boleh sembarangan, jika Anda tidak mau merisikokan diri jadi menambah beberapa kilo baru — atau justru diabetes?

Kakek Gokil Kenapa tidak makan malam untuk diet bisa bakar lemak lebih banyak?

Studi menunjukkan bahwa ketika Anda makan larut malam (lebih dari pukul 8 atau sangat mendekati waktu tidur), tubuh tidak langsung mengubah makanan tersebut menjadi energi. Yang terjadi justru makanan tersebut diolah dan disimpan sebagai cadangan lemak, yang membuat berat badan Anda malah jadi makin naik.
Padahal, tubuh bekerja membakar timbunan lemak saat tidur. Glikogen dalam tubuh diubah menjadi glukosa untuk kemudian dilepas ke dalam aliran darah guna menjaga kadar gula darah tetap normal saat tidur. Tubuh membutuhkan waktu kurang lebih 12 jam untuk bisa mengolah semua cadangan glikogen sampai habis terpakai. Ketika cadangan glikogen habis, hati akan mulai membakar sel lemak menjadi energi. Ini artinya melewatkan makan malam untuk diet bisa menjadi cara yang baik untuk membakar lebih banyak lemak.
Sebaliknya, jika Anda makan larut malam dan paginya juga diikuti sarapan porsi besar, Anda jadi mengisi ulang cadangan glikogen sehingga tubuh tidak mendapatkan banyak kesempatan untuk membakar lemak.
Tapi hati-hati, sengaja melewatkan makan malam untuk diet bisa menjadi senjata makan tuan jika Anda tak tahu caranya yang tepat.

Tapi, ini risikonya jika tidak makan malam

Melewatkan makan malam bisa membantu Anda menurunkan berat badan jika dilakukan rutin. Hal yang sama juga sebenarnya berlaku jika Anda mengganti porsi makan penuh Anda dengan camilan sehat dalam porsi yang lebih kecil. Tapi sebenarnya, cara diet dengan melewatkan makan malam sebenarnya bekerja layaknya dua mata pedang.
Di satu sisi, mereka yang melewatkan makan malam untuk diet cenderung “balas dendam” akibat kelaparan sepanjang malam dengan makan porsi yang lebih besar di waktu makan berikutnya. Ketika Anda sedang kelaparan, kadar gula darah Anda bisa turun drastis sehingga tubuh tidak dapat memasok otak dengan glukosa, yang bisa mengakibatkan kepala pening dan puyeng, kelelahan, pusing, atau bete saat bangun pagi.
Melihat reaksi ini, tubuh segera menyalakan sinyal ngidam makanan tinggi kalori sebagai cara darurat untuk mengisi ulang cadangan energi yang Anda sangat butuhkan untuk bisa tetap aktif. Ketika Anda melewatkan makan malam dan justru membalasnya dengan porsi sarapan jumbo, tubuh Anda jadi mengalami perubahan metabolisme. Ini termasuk penambahan berat badan, tingkat gula puasa meninggi, dan hambatan respon insulin — ketiganya adalah faktor risiko diabetes.
Di sisi lain, melewatkan makan malam artinya tubuh Anda kekurangan jumlah kalori yang dibutuhkan. Tidak cukup makan dapat memperlambat metabolisme Anda, yang bertanggung jawab untuk membakar kalori. Metabolisme tubuh yang lambat membuat proses penurunan berat badan yang juga melambat, atau justru tidak ada sama sekali.

DominoQQ Bagaimana cara yang ideal jika ingin turun berat dengan dengan cara tidak makan malam?

Hanya ada satu kunci utama jika Anda ingin memangkas beberapa kilogram lemak dengan cara melewatkan malam untuk diet: menciptakan keseimbangan kalori negatif. Misalnya, 500 gram lemak setara dengan 3,500 kalori. Dengan demikian, mengurangi asupan 500 kalori dapat membantu Anda mengurangi cadangan lemak tubuh sebanyak 500 gram lemak dalam seminggu. Jika Anda adalah seorang perempuan berusia 30-an dengan tinggi badan sekitar 165 cm dan berat badan 80 kilogram, dan tidak berolahraga, Anda butuh sekitar 2,100 kalori untuk menjaga berat badan dan hanya 1,600 kalori saja jika ingin menurunkan berat badan.
Melewatkan makan malam dapat menyelamatkan Anda dari ekstra 500 kalori yang Anda bisa saja dapatkan dari menu makan malam Anda. Namun strategi ini hanya akan berhasil jika Anda tidak mengganti rugi kalori yang hilang dari puasa makan malam dengan makan lebih banyak pada saat sarapan, makan siang, dan jatah camilan. Misalnya, untuk memenuhi diet penurunan berat badan dengan 1,600 kalori, Anda akan harus mencukupi kebutuhan 600 kalori pada jam makan pagi dan sarapan, sehingga Anda masih akan punya jatah 400 kalori yang bisa didistribusikan untuk makanan ringan.
Anda juga akan diwajibkan untuk bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi untuk seharian hanya dalam 2 kali porsi makan berat. Anda perlu memastikan menu sarapan dan makan siang Anda terdiri dari makanan sehat kaya nutrisi yang mengenyangkan tanpa asupan kalori berlebihan, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, susu rendah lemak, dan lemak sehat.
Selain itu, para peneliti menemukan bahwa orang yang kelebihan berat badan yang rutin gonta-ganti pola makan (makan 3 kali sehari – makan 2 kali sehari – dst) menunjukkan kadar kolesterol yang lebih rendah, risiko peradangan menurun, pengurangan stres oksidatif dalam tubuh, serta peningkatan berbagai antioksidan.

1 komentar:

  1. http://pelangikitainfo.blogspot.com/2017/11/bocoran-rahasia-cara-bermain-bandarq-di.html

    BalasHapus